SIKLON TROPIS

Sebuah siklon tropis adalah sebuah sistem badai besar yang ditandai dengan tekanan rendah dan banyak pusat badai yang menghasilkan angin kencang dan hujan lebat. Siklon tropis pakan pada panas dilepaskan ketika lembab udara meningkat, sehingga kondensasi dari uap air yang terkandung dalam udara lembab. Mereka didorong oleh mekanisme panas yang berbeda dari windstorms cyclonic lain seperti nor'easters , windstorms Eropa , dan terendah kutub , menyebabkan klasifikasi mereka sebagai " inti hangat "sistem badai.
Struktur dari sebuah siklon tropis

Istilah "tropis" merujuk asal-usul geografis kedua sistem ini, yang hampir secara eksklusif dalam bentuk tropis wilayah dunia, dan pembentukan mereka di maritim massa udara tropis . Istilah "siklon" mengacu pada badai seperti ' berhubung dgn topan alam, dengan berlawanan rotasi di belahan bumi utara dan rotasi searah jarum jam di belahan bumi selatan. Tergantung pada lokasi dan kekuatan, sebuah siklon tropis yang disebut dengan nama seperti badai, angin topan, badai tropis, berhubung dgn topan badai, depresi tropis, dan hanya siklon.
Sementara siklon tropis dapat menghasilkan angin yang sangat kuat dan  hujan lebat, mereka juga mampu menghasilkan gelombang tinggi dan merusak gelombang badai serta pemijahan tornado . Mereka mengembangkan atas tubuh besar air hangat, dan kehilangan kekuatan mereka jika mereka bergerak di atas tanah/daratan. Inilah sebabnya mengapa daerah pesisir dapat menerima kerusakan yang parah dari siklon tropis, sedangkan daerah pedalaman relatif aman dari menerima angin yang kuat.  Hujan lebat, namun dapat menghasilkan banjir signifikan pedalaman, dan badai lonjakan dapat menghasilkan pesisir yang luas banjir hingga 40 kilometer (25 mil) dari garis pantai. Meskipun pengaruh mereka pada manusia dapat merusak populasi, siklon tropis juga dapat meringankan kekeringan kondisi.  Mereka juga membawa panas dan energi jauh dari daerah tropis dan transportasi ke arah subtropis garis lintang , yang membuat mereka merupakan bagian penting dari global sirkulasi atmosfer mekanisme. Akibatnya, siklon tropis membantu menjaga keseimbangan di bumi troposfer , dan untuk mempertahankan yang relatif stabil dan suhu hangat di seluruh dunia. Siklon tropis Banyak berkembang ketika kondisi atmosfer sekitar gangguan lemah dalam atmosfer yang menguntungkan. Lingkungan latar belakang dimodulasi oleh siklus iklim dan pola seperti osilasi Madden-Julian , El Niño-Southern Oscillation , dan osilasi multidecadal Atlantik . Lain terbentuk ketika jenis lain siklon tropis mendapatkan karakteristik. Tropis sistem tersebut kemudian dipindahkan oleh steering angin di troposfer , jika kondisi tetap menguntungkan, dengan mengintensifkan gangguan tropis, dan bahkan dapat mengembangkan suatu mata . Di ujung lain spektrum, jika kondisi di sekitar sistem memburuk atau siklon tropis membuat daratan, sistem melemah dan akhirnya menghilang. Tidaklah mungkin untuk artifisial menginduksi disipasi sistem ini dengan teknologi saat ini.

STRUKTUR

Mata (topan)
Sebuah penampang diagram dari siklon tropis 
dewasa, dengan panah menunjukkanaliran 
udara di dalam dan sekitar mata

Sebuah siklon tropis khas akan memiliki mata sekitar 30-65 km (20-40 mi) di, biasanya terletak di pusat geometris badai. Mata bisa terang atau memiliki awan rendah jerawatan (mata jelas), mungkin akan diisi dengan rendah dan tingkat menengah awan (mata diisi), atau mungkin dikaburkan oleh mendung tebal pusat.  Ada, Namun, sangat sedikit angin dan hujan, terutama di dekat pusat. Hal ini kontras dengan kondisi di eyewall, yang berisi angin badai terkuat ini. Karena mekanik dari siklon tropis , mata dan udara langsung di atasnya yang lebih hangat dari lingkungannya. Sementara biasanya cukup simetris, mata dapat oblong dan tidak teratur, terutama dalam melemahnya badai. Sebuah mata compang-camping besar adalah non-lingkaran mata yang muncul terfragmentasi, dan merupakan indikator yang lemah atau melemahnya siklon tropis.  Mata terbuka merupakan sebuah mata yang dapat melingkar, tetapi eyewall tidak sepenuhnya mengelilingi mata, juga menunjukkan melemah, kelembaban-kekurangan siklon. Kedua pengamatan ini digunakan untuk memperkirakan intensitas siklon tropis melalui analisis Dvorak .  Eyewalls biasanya lingkaran, namun bentuk poligonal jelas mulai dari segitiga untuk hexagons kadang-kadang terjadi. Sementara badai dewasa memiliki mata yang khas adalah beberapa puluh mil di seberang, cepat mengintensifkan badai dapat mengembangkan kecil, jelas, dan lingkaran mata sangat, kadang-kadang disebut sebagai mata lubang jarum.  Badai dengan mata lubang jarum cenderung fluktuasi besar dalam intensitas, dan memberikan kesulitan dan frustrasi untuk peramal. 
Kecil mata-mereka yang kurang dari 10 nmi (19 km, 12 mil) dia sering memicu siklus penggantian eyewall , dimana eyewall baru mulai terbentuk di luar eyewall asli.  Hal ini dapat terjadi di mana saja dari sepuluh sampai beberapa ratus mil (lima belas hingga ratusan kilometer) di luar mata batin.  Badai kemudian mengembangkan dua eyewalls konsentris, atau mata "dalam mata". Dalam kebanyakan kasus, eyewall luar mulai kontrak segera setelah pembentukannya, yang tercekik dari mata batin dan daun yang jauh lebih besar namun lebih stabil mata. Sementara siklus penggantian cenderung untuk melemahkan badai seperti terjadi, eyewall baru dapat kontrak cukup cepat setelah mendissipasikan eyewall tua, memungkinkan badai kembali memperkuat. Hal ini bisa memicu siklus penggantian eyewall. 
Mata dapat berbagai ukuran dari 320 km (200 mil) ( Typhoon Carmen ) ke km 3 hanya (mil 2) ( Badai Wilma ) di.  Sementara hal ini jarang terjadi untuk badai dengan mata besar untuk menjadi sangat intens, hal ini terjadi, khususnya di badai annular . Topan Isabel adalah kesebelas paling kuat badai Atlantik dalam sejarah, dan berkelanjutan yang besar, 65-80 km (40-50 mi)-lebar mata selama beberapa hari. 
Badai tropis yang kuat akan pelabuhan seluas tenggelam udara di pusat sirkulasi.  Jika daerah ini cukup kuat, itu dapat berkembang menjadi sebuah mata "besar".  Cuaca di mata biasanya tenang dan bebas dari awan, meskipun laut mungkin sangat keras.  Mata biasanya berbentuk lingkaran, dan mungkin berbagai ukuran dari 3 kilometer (1,9 mil) untuk 370 kilometer (230 mil) diameter.  Intense, siklon tropis dewasa kadang-kadang dapat menunjukkan sebuah melengkung keluar dari eyewall's atas, sehingga menyerupai sebuah stadion sepak bola; fenomena ini sehingga kadang-kadang disebut sebagai efek stadion .
 
Ada fitur lain yang mengelilingi baik mata, atau menutupinya.  Istilah mendung padat pusat adalah daerah konsentrasi aktivitas badai kuat di dekat pusat badai tropis;  dalam siklon tropis lemah, yang dapat menutupi CDO pusat sepenuhnya.  Istilah eyewall merupakan lingkaran badai kuat yang mengelilingi mata; di sini adalah di mana kecepatan angin terbesar ditemukan, di mana tertinggi mencapai awan, dan curah hujan adalah terberat. Kerusakan berat terjadi di mana angin tropis siklon eyewall pun berlalu atas tanah. Eyewall siklus penggantian secara alami dalam siklon tropis intens.  Ketika siklon mencapai intensitas puncak mereka biasanya memiliki eyewall dan jari-jari angin maksimum yang kontrak untuk ukuran yang sangat kecil, sekitar 10 kilometer (6,2 mil) dengan 25 kilometer (16 mil). Luar rainbands dapat mengatur ke cincin luar badai yang bergerak perlahan ke dalam dan merampas eyewall batin yang diperlukan kelembaban dan momentum sudut . Ketika eyewall dalam melemah, maka siklon tropis melemahkan (dengan kata lain, maksimum berkelanjutan angin melemahkan dan meningkat tekanan pusat) yang menggantikan eyewall luar yang batin sepenuhnya pada akhir siklus. Badai dapat intensitas yang sama seperti sebelumnya atau bahkan lebih kuat setelah selesai eyewall siklus penggantian. Badai dapat memperkuat lagi seperti membangun lingkar luar baru untuk pengganti eyewall berikutnya.

 
Pembentukan dan deteksi

Siklon tropis biasanya bentuk dari besar, daerah terorganisir terganggu cuaca di daerah tropis .  Seperti badai yang lebih bentuk dan mengumpulkan, badai mengembangkan rainbands yang mulai berputar di sekitar pusat umum. Sebagai kekuatan keuntungan badai, sebuah cincin kuat konveksi bentuk pada jarak tertentu dari pusat rotasi badai berkembang. Sejak badai kuat dan menandai wilayah hujan lebih berat dari kuat arus naik , tekanan barometer pada permukaan mulai turun, dan udara mulai membangun di tingkat atas topan. Ini hasil dalam pembentukan tingkat atas anticyclone , atau daerah tekanan atmosfer tinggi di atas mendung padat pusat. Konsekwensinya, sebagian besar ini dibangun arus udara luar anticyclonically di atas siklon tropis. Di luar mata membentuk, para anticyclone pada tingkat atas atmosfer meningkatkan aliran menuju pusat topan, mendorong udara terhadap eyewall dan menyebabkan loop umpan balik positif .

siklon tropis terbentuk ketika energi yang dilepaskan 
oleh kondensasi uap air di udara naik menyebabkan 
umpan balik positif dari air laut hangat.
Namun, sebagian kecil dari udara built-up, bukan mengalir keluar, arus masuk ke arah pusat badai. Hal ini menyebabkan tekanan udara untuk membangun lebih jauh, ke titik di mana berat udara melawan kekuatan arus naik di tengah badai. Air mulai turun di tengah badai, menciptakan daerah bebas hujan sebagian besar, yang terbentuk mata baru. 
Para ilmuwan tidak tahu mengapa cincin bentuk konveksi di sekitar pusat sirkulasi dan bukan di atasnya, atau mengapa anticyclone tingkat atas hanya menyemburkan sebagian dari kelebihan udara di atas badai.  Banyak teori yang ada sebagai proses yang tepat dengan yang membentuk mata: semua yang dikenal pasti adalah bahwa mata diperlukan untuk siklon tropis untuk mencapai kecepatan angin tinggi. 
Karena itu, peramal menonton mengembangkan badai erat untuk tanda-tanda pembentukan mata. Untuk badai dengan mata yang jelas, deteksi mata adalah yang sederhana seperti melihat gambar-gambar dari satelit cuaca.  Namun, untuk badai dengan mata diisi, atau mata tertutup oleh mendung tebal pusat, metode deteksi lain harus digunakan. Pengamatan dari kapal dan Badai Hunters dapat menentukan mata visual, dengan mencari penurunan kecepatan angin atau kurangnya curah hujan di tengah badai itu. Di Amerika Serikat, Korea Selatan, dan beberapa negara lain, jaringan NEXRAD radar cuaca Doppler stasiun dapat mendeteksi mata dekat pantai.  Cuaca satelit juga membawa peralatan untuk mengukur atmosfer uap air dan suhu awan, yang dapat digunakan untuk tempat mata membentuk. Selain itu, para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa jumlah ozon di mata jauh lebih tinggi daripada jumlah dalam eyewall itu, karena tenggelam dari udara yang kaya ozon stratosfer. Instrumen peka terhadap ozon melakukan pengukuran, yang digunakan untuk mengamati naik dan tenggelam kolom udara, dan memberikan indikasi pembentukan mata, bahkan sebelum citra satelit dapat menentukan pembentukannya. 
Biasanya, mata mudah dikenali dengan menggunakan 
radar cuaca . Ini citra radar dari Badai Andrew jelas
menunjukkan mata atas selatan Florida .

Ukuran

Salah satu ukuran dari ukuran sebuah siklon tropis ditentukan dengan mengukur jarak dari pusat sirkulasi untuk menutup perusahaan terluar isobar , juga dikenal sebagai perusahaan ROCI . Jika radius kurang dari dua derajat garis lintang atau 222 kilometer (138 mil), maka badai "sangat kecil" atau cebol ". Sebuah radius antara 3 dan 6 lintang derajat atau 333 kilometer (207 mil) untuk 670 kilometer (420 mil) dianggap "" rata-rata berukuran. "Sangat besar" siklon tropis memiliki radius lebih dari 8 derajat atau 888 kilometer (552 mil).  Penggunaan ukuran ini telah objektif menetapkan bahwa siklon tropis di barat laut Samudra Pasifik adalah terbesar di dunia rata-rata, dengan Atlantik siklon tropis kira-kira setengah ukuran mereka.  Metode lainnya untuk menentukan siklon tropis ukuran termasuk mengukur kekuatan jari-jari angin kencang dan mengukur radius di mana relatif vortisitas lapangan menurun sampai 1 × 10 -5 s -1 dari pusatnya.

Ukuran deskripsi dari siklon tropis
ROCI ROCI Type Jenis
  Kurang dari 2 derajat lintang   Sangat kecil / cebol
  2-3 derajat lintang   Kecil
  3-6 derajat lintang   Sedang / Rata-rata
  6-8 derajat lintang   Besar anti-kurcaci
  Lebih dari 8 derajat lintang   Sangat besar 

4 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. kalu boleh nayak ada berapa jenis siklon kak,saya butuh banget informasinya terimakasih kak saya tunggu jawabannya :)

    BalasHapus
  3. Top 25 Casino Locations in New Jersey - MapyRO
    The casinos are home to slot machines, roulette, blackjack, poker, blackjack, 인천광역 출장샵 craps, 통영 출장안마 and 이천 출장샵 craps. The closest location 보령 출장마사지 in New Jersey 충주 출장샵 is

    BalasHapus